Cara Membuat Partisi Baru Hardisk Tanpa Kehilangan Data

Cara Membuat Partisi Baru Hardisk Tanpa Kehilangan Data

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendownload Easeus Partition Master Home Edition (free) di sini. Kemudian install software tersebut pada komputer. Setelah proses instalasi selesai, jalankan software tersebut, maka akan terlihat tampilan sebagai berikut:


Klik pada disk yang akan dipartisi (Cari yang free space yang masih banyak), Contoh kali ini saya akan coba mempartisi Disk H. kemudian klik kanan pada Drive yang akan di partisi “Resize/move”. lihat gambar di bawah :
Klik “OK”, akan muncul tampilan berikut:
Partisi pertama dengan nama “H: Data” dan kapasistas sebesar 185.35GB. 
Partisi kedua dibuat dengan Klik Kanan “Unallocated” dari disk3, kemudian klik “Create Partition” kembali. Tentukan alokasi kapasistas partisi kedua, seperti pada atribut di bawah ini :
Jika sudah selesai, klik “OK”. Maka akan keluar tampilan sebagai berikut:
Sekarang sudah ada 2 partisi. Yaitu "Drive H dan K". Proses partisi belum selesai jika partisi belum diterapkan pada Hardisk. Jika sudah yakin dengan pembagian partisi yang telah ditentukan, proses partisi dapat diterapkan dengan cara klik “Apply”. Proses berlangsung seperti tampilan berikut :

Klik Yes, Tampilan proses sebagai berikut:


Tunggu hingga prosesnya selesai. Jika sudah selesai maka akan ada pemberitahuaan. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah.


Setelah muncul pemberitahuan klik saja Ok... Dan sampai disini berakhir sudah tutorial membagi paritisi hard disk dengan menggunakan EASEUS Partition Master. Jika pembaca sekalian merasa masih ada yang belum jelas dari penjelasan diatas, saya tunggu komentar anda pada kolom komentar dibawah. Terimakasih


Selamat Mencoba dan semoga berhasil...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel