ROKOK


halo , salam kenal untuk yang membaca artikel ini ,saya mau share tenatng seluk beluk rokok,dimulai dari:Sejarah Awal Rokok Rokok pertama kali digunakan oleh orang-orang dari suku-suku di Amerika, seperti Indian, Maya, dan Aztec. Rokok pada awalnya berupa tembakau yang dibakar dan dihisap melalui sebuah pipa. Kegiatan ini awalnya dilakukan pada saat berkumpunya beberapa suku untuk mempererat hubungan antar suku yang berbeda. Namun selain sebagai penguat hubungan antar suku, banyak juga yang menggunakan tembakau sebagai media pengobatan. Dan suku Indian menggunakannya sebagai media ritual terhadap dewa-dewa mereka. Kemudian, pada abad ke-16, saatChristoper Columbus dan rombongan nya datang ke Benua Amerika, sebagian dari mereka mencoba untuk menghisap tembakau. Dan akhirnya tertarik untuk membawa budaya menghisap tembaku ini ke benua asal mereka, yaitu Benua Eropa. Setelah budaya ini dibawa ke Eropa, ada seorang diplomat Prancis yang tertarik untuk mempopulerkannya ke seluruh Eropa. Dia lah Jean Nicot, yang kemudian namanya digunakan sebagai istilah Nikotin. Kebiasaan merokok pun muncul di kalangan bangsawan Eropa. Namun tidak seperti suku indian, yang menggunakannya untuk upacara ritual, para bangsawan Eropa menggunakannya untuk kesenangan belaka. Kepopuleran nya yang semakin meningkat di Eropa membuat John Rolfetertarik untuk membudidayakan tembakau dengan lebih serius. John Rolfe adalah orang pertama yang berhasil menanam tembakau dalam skala besar, yang kemudian diikuti oleh perdagangan dan pengiriman tembakau dari AS ke Eropa. Secara ilmiah, buku petunjuk bertanam tembakau pertama kali diterbitkan di Inggris pada tahun 1855. Setelah itu, pada abad ke-17, Para pedagang dari Spanyol masuk ke Turki, yang merupakan negara Islam. Dan akhirnya kemudian kebiasaan merokok masuk ke negara-negara Islam.

Rokok dibedakan menjadi beberapa jenis. yaituRokok berdasarkan bahan pembungkus.Klobot: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun jagung.
Kawung: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun aren.
Sigaret: rokok yang bahan pembungkusnya berupa kertas.
Cerutu: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun tembakau. Rokok berdasarkan bahan baku atau isi.
Rokok Putih: rokok yang bahan baku atau isinya hanya daun tembakau yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
Rokok Kretek: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau dan cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
Rokok Klembak: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau, cengkeh, dan kemenyan yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.

rokok awal masuknya ke indonesia pada akhir abad ke 19 yang awal nya dari kota kudus yang di beri nama dengan rokok kretek ,riwayat kretek berlula dari penemuan haji djamari , awalnya penduduk sekitar kudus mengalami sakit di bagian dada ,lalu haji djamari mengoleskan miyak cengkeh ke bagian yang sakit tersebut,dan sakitnya pun reda karna kasiat munyak cengkehnya itu ,lalu haji djamari membuat eksperimen dengan cara merajang cengkeh dengan tembakau yang lalu di linting menjadi rokok.pada jaman tersebut rokok mulai populer dan melinting rokok menjadi kebiasaan para kaum pria .akan tetapi rokok juga banyak mengandung bahan kimia yang berbahaya ,setiap satu batang roko yang dibakar lalu dihisap ketubuh ada 4000 zat kimia berbahaya KANDUNGAN ZAT BERBAHAYA PADA ROKOK
· Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks. salah satu zat yang ada dalam Rokok yang mana dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan didalam paru-paru, nikotin juga sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, karena nikotin didalam tubuh manusia bisa mengendap dan lama-lama akan merusak paru-paru , untuk tingkat kefatalannya bisa menyebabkan kanker. Dan dalam jenis ini penyakit banyak di akibatkan oleh adanya nikotin dalam tubuh adalah penyakit kanker , pernapasan dan masih banyak lainnya . kandungan nikotin yang kian numpuk dalam tubuh anda akan menyebabkan kematian secara lebih cepat dalam sel jaringan tubuh anda .
· Tar, yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik. sebuah zat yang dihasilkan dalam pembakaran tembakau (rokok biasa) dan bahan tanaman lain (rokok herbal) ketika seseorang merokok. Ia merupakan campuran dari beberapa zat yang bersama-sama membentuk suatu massa yang dapat melekat di paru-paru.Rokok memiliki kadar tar yang berbeda-beda. Kandungan rokok dengan kadar tar yang tinggi memiliki lebih dari 22 mg tar di masing-masing rokok, sedangkan kandungan rokok dengan kadar yang rendah memiliki kurang dari 7 mg saja. Tar dalam rokok akan meninggalkan noda pada gigi perokok dan mengubahnya menjadi kuning dan kecoklatan. Selain merubah warna gigi, zat racun ini juga dapat mengakibatkan berbagai masalah gigi dan mulut lainnya, seperti periodontitis, penyakit gusi, serta mengakibatkan kanker mulut.
· Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano. Efek dari sianida ini sangat cepat dan dapat mengakibatkan kematian dalam jangka waktu beberapa menit.Gejala yang ditimbulkan oleh zat kimia sianida ini bermacam-macam; mulai dari rasa nyeri pada kepala, mual muntah, sesak nafas, dada berdebar, selalu berkeringat sampai korban tidak sadar dan apabila tidak segera ditangani dengan baik akan mengakibatkan kematian.
· Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna. Benzene adalah toksin yang menyerang hati, ginjal, paru-paru, jantung dan otak dan dapat menyebabkan kerusakan kromosonal. Saat ini sedang diadakan penelitian tentang pengaruh benzene terhadap tingkat kesuburan pria dan wanita. Efek singkat menghirup high level benzene dapat mengakibatkan kematian, sedangkan menghirup low level benzene dapat menyebabkan kantuk, pusing, mempercepat denyut jantung, sakit kepala, tremors, kebingungan, dan ketidaksadaran.Long term efeknya bisa menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang dan dapat menyebabkan penurunan sel darah merah, yang mengarah ke anemia. Ia juga dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan dan menurunkan system kekebalan, meningkatkan kesempatan infeksi, menyebabkan leukemia dan lainnya yang terkait dengankanker darah dan pra-kanker dari darah.
· Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif. salah satu jenis logam berat yang berbahaya karena elemen ini beresiko tinggi terhadap pembuluh darah. Apabila Cd masuk ke dalam tubuh maka sebagian besar akan terkumpul di dalam ginjal, hati dan sebagian yang dikeluarkan lewat saluran pencernaan. Cadmium dapat mempengaruhi otot polos pembuluh darah secara langsung maupun tidak langsung lewat ginjal, sebagai akibatnya terjadi kenaikan tekanan darah.
· Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol. Bahaya methanol bagi kesehatan yakni sangat mudah diserap oleh tubuh melalui rute pemberian (oral, inhalasi, topical). Didalam hati (liver) methanol akan dioksidasi menjadi formaldehid (formalin) dengan bantuan enzim alkohol dehydrogenase dan kemudian dimetabolisir lebih lanjut menjadi asam format oleh enzim formaldehid dehidrogenase
· Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
· Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
· Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
· Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
· Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
· Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil.

6 KELOMPOK PENYAKIT YANG DI TIMBULKAN AKIBAT MEROKOK1. Kanker :
Paru-paru (lung cancer)
Oral cavity
Pharynx
Larynx
Oesophagus (squamous cell carcinoma)
Oesophagus (adenocarcinoma)
Pancreas
Urinary bladder
Renal pelvis
Kidney (renal cell carcinoma)
Stomach
Uterine cervix
Granulocytic cells of bone marrow (myeoloid leukaemia)
Nasal cavities
Nasal sinuses
Liver 2. Sistem Pernafasan :
Chronic obstructive pulmonary disease (COPD)
Acute respiratory illnesses including pneumonia
Premature onset of and an accelerated decline in lung function
All major respiratory symptoms in adults, including coughing, phlegm, wheezing & dyspnoea
Poor asthma control
3. Sistem Kardiovaskular :
Coronary heart disease (CHD)
Cerebrovascula disease
Aortic aneurysm
Peripheral arteria
4. Penyakit lainnya :
Gastric ulcer
Cataract
Periodontitis
Duodenal ulcer
Adverse surgical outcomes related to wound healing and respiratory complications
Hip fracture
Reduced fertility in females
Crohn's disease
Age-related macular degeneration
Tobacco amblyopia
Osteoporosis
5. Gangguan sistem pernafasan khusus pada bayi / anak, yang ibunya merokok:
Impaired lung growth
Early-onset of lung function decline
Respiratory symptoms including coughing, phlegm, wheezing dyspnoea
Asthma-related symptoms (wheezing)
6. Sistem Reproduksi Wanita :
Pregnancy complications
Preterm delivery and shortened gestation
Foetal growth restrictions and low birth weight
Sudden infant death syndrome (SIDS)

aspa rokok juga berhayaya untuk ibu hamil , mengapa demikian ?. karena menurut Penelitian membuktikan:
Penelitian di Santiago, Chili, menunjukkan bahwa asap rokok yang terhirup oleh ibu menyusui dapat menghambat produksi ASI. Dalam waktu tiga bulan, terlihat berat badan bayi dari ibu yang perokok atau menghirup asap rokok, juga tidak menunjukkan pertumbuhan yang optimal.
Asap rokok yang terpaksa diisap perokok pasif, ternyata mempunyai kandungan bahan kimia yang lebih tinggi dibandingkan dengan asap rokok yang diisap oleh si perokok. Hal ini karena ketika rokok sedang diisap, tembakau terbakar pada temperatur lebih rendah. Kondisi ini membuat pembakaran menjadi kurang lengkap dan mengeluarkan banyak bahan kimia.
Asap rokok itu sendiri mengandung sekitar 3.000-an bahan kimia beracun, 43 di antaranya jelas-jelas bersifat karsinogen (penyebab kanker). Tak heran jika pengaruh asap rokok pada perokok pasif itu tiga kali lebih buruk daripada debu batu bara.
Berbagai penelitian membuktikan asap rokok yang ditebarkan orang lain, imbasnya bisa menyebabkan berbagai penyakit, bukan saja pada orang dewasa, tapi terutama pada bayi dan anak-anak. Mulai dari aneka gangguan pernapasan pada bayi, infeksi paru dan telinga, gangguan pertumbuhan, sampai kolik (gangguan pada saluran pencernaan bayi). Oleh karena itu, rokok bukan hanya berbahaya tuk ibu hamil melainkan bai yang di kandungnya juga .
DUA JENIS PEROKOK
ada dua jenis peroko saat ini yaitu peroko aktif dan perokokPerokok aktif mempunyai pengertian orang yang melakukan langsung aktivitas merokok dalam arti mengisap batang rokok yang telah dibakar. Sedangkan Perokok pasif adalah seseorang yang tidak melakukan aktivitas merokok secara langsung, akan tetapi ia ikut menghirup asap yang dikeluarkan oleh perokok aktif.
saran saran untuk peroko aktif dan peroko pasif diantaranyaSaran Untuk Perokok Aktif
Usahakan menghentikan kebiasaan merokok

Usahakan tidak merokok di tempat umum

Jika ingin merokok di tempat umum, usahakan jauh dari kerumunan masyarakat, yaitu tempat yang lebih sepi,arau cari smoking area.

Jangan merokok di POM Bensin,karna akan menimbulkan akibat yang sangat fatal.

konsumsi buah dan sayur untuk mengurangi racun yg masuk akibat asap rokok Saran Untuk Perokok Pasif
Silahkan menegur perokok aktif yang merokok di tempat umum, tetapi tegurlah secara baik-baik.
Bila perlu, pakailah masker atau penutup hidung jika ada orang merokok di dekat anda.
konsumsi buah dan sayur untuk mengurangi racun yg masuk akibat asap rokok.
Makanan dan Minuman Penetralisir Asap Rokok
1. Seafood Makanan yang kaya akan omega 3 dapat memperbaiki fungsi paru-paru. Makanan yang kaya omega 3 diantaranya adalah seafood. Seafood yang kaya omega 3 di antaranya : ikan salem (salmon), ikan teri, tuna sirip biru, tuna sirip kuning, ikan sarden, ikan forel (trout), kepiting, ikan kerapu (cod), kerang, lobsters, ikan nila, dan udang. 2. Kedelai Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kedelai dapat memperbaiki fungsi paru-paru dan mengurangi serangan penyakit sesak nafas kronis. Flavonoid yang terdapat dalam makanan kedelai bertindak sebagai anti-peradangan pada paru-paru serta dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang menyebabkan kanker bagi para perokok. 3. Makanan Kaya Antioksidan Brokoli, apel, serta sayur dan buah lainnya yang kaya antioksidan bisa membantu memperbaiki dan melindungi paru-paru Anda. Satu studi telah menunjukkan bahwa paru-paru orang yang mengkonsumsi lebih dari 5 apel dalam seminggu berfungsi lebih baik dari paru-paru mereka yang sama sekali tidak mengkonsumsi apel. 4. Jeruk Nipis Air jeruk nipis mampu menurunkan kadar nikotin hingga 70,65. Namun air jeruk nipis disini hanya alat bantu untuk dapat berhenti merokok. 5. Air Putih Air putih akan membantu untuk mengeluarkan racun dan nikotin yang telah terakumulasi dalam tubuh Anda setelah bertahun-tahun merokok.
Mari kita memperingatkan orang-orang di sekitar kita agar berhenti merokok. Merokok memiliki banyak bahaya bagi kesehatan. Selain itu, merokok juga menghabiskan uang dengan percuma

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel