3 Cara Mudah Masuk Safe Mode di Windows 10 2020

Cara Mudah Masuk Safe Mode di Windows 10
Cara Masuk Safe Mode Windows 10

JayaCompucell - Terkhusus bagi teman-teman yang mungkin sedang mengalami suatu masalah pada sebuah perangkat komputer, terbilang ada baiknya untuk melakukan aktivitas troubleshooting yang dapat teman-teman akses melalui suatu fitur 'Safe Mode'. Diketahui ada beberapa cara yang dapat teman-teman semuanya gunakan untuk memasuki ke fitur 'Safe Mode' di Windows 10 ini. Dibawah ini akan admin jelaskan tiga cara yang terbilang paling mudah.

Ohyeaah, sebelum kita lanjut ketahapan cara memasuki fitur 'Safe Mode' di Windows 10 ini. Mungkin ada baiknya untuk mengetahui secara terlebih dahulu mengenai pengertian dari fitur 'Safe Mode' ini sendiri. Safe Mode ini merupakan sebuah fitur yang diberikan pihak sistem operasi Windows yang dapat teman-teman gunakan untuk melakukan troubleshooting pada sebuah perangkat laptop ataupun komputer apabila ada terdapat masalah.

Sebuah masalah yang admin maksud disini ini mulai dari program yang tidak berjalan dengan secara optimal hingga sampai suatu virus yang menyerang perangkat komputer teman-teman.

Dengan teman-teman menjalankan suatu fitur 'Safe Mode', sistem operasi Windows ini akan menjalankan sebuah Driver dan beberapa program yang terbilang penting saja. Dengan demikian program ataupun aplikasi yang terbilang bermasalah tidak akan berjalan. Sehingga teman-teman dapat dengan mudah untuk memperbaikinya tanpa adanya suatu gangguan sedikitpun.

3 Cara Masuk Safe Mode di Windows 10

Ketika sebuah cara dibawah ini dapat teman-teman gunakan diberbagai merk dan type laptop misalnya seperti Acer. Asus, HP, Lenovo, Dell, Samsung dan berbagai merk yang lainnya. Silahkan teman-teman coba pada suatu merk laptop yang teman-teman gunakan. Maka dari itu, ayo mari langsung saja simak ulasan selengkapnya hingga sampai selesai yah, sebagai berikut.

1. Dengan fitur Advanced Setup

Cara pertama yang bisa teman-teman lakukan untuk memasuki ke suatu fitur 'Safe Mode' ini yakni dengan menggunakan fitur 'Advanced Setup' yang tersedia di sistem operasi Windows 1. Berikut ini merupakan langkah-langkahnya!
  • Tahapan pertama, klik tombol Start Menu kemudian pilih Settings.
  • Lalu pilih Update & Security. Kemudian pilih Recovery.
  • Selanjutnya pada fitur Advanced Setup, teman-teman bisa pilih Restart Now.
cara masuk safe mode windows 10

  • Kemudian teman-teman akan masuk ke menu Recovery Mode. Maka nantinya akan ada muncul tiga suatu pilihan yakni Continue, Troubleshoot, dan Turn Off Your PC. Teman-teman bisa memilih menu Troubleshoot yah.
  • Setelah itu pilih menu Advanced Option. Kemudian pilih menu Startup Settings.
  • Sampai langkah ini maka ada suatu notifikasi dari Windows yang akan memberikan suatu informasi bahwasannya perangkat komputer teman-teman akan direstart dan mengubah beberapa suatu pengaturan. Lalu teman-teman pilih menu Restart.
  • Setelah teman-teman klik menu Restart, maka teman-teman akan masuk ke menu Startup Settings. Dan silahkan masuk ke menu 'Safe Mode' sesuai dengan keinginan teman-teman.
  • Untuk membuka fitur 'Safe Mode' ini dengan secara normal, maka tekan saja F4.

2. Dengan kombinasi tombol Shift + Restart

Cara kedua ini sebenarnya terbilang hampir sama atau mirip dengan sebuah cara pertama yang sudah admin jelaskan diatas dan hanya sedikit berbeda dilangkah awalnya saja. Berikut ini untuk langkah-langkahnya.
  • Tahapan pertama, klik Start pada perangkat laptop atau komputer teman-teman, kemudian klik menu Power.
  • Setelah itu tekan dan tahan tombol Shift + klik Restart.
  • Kemudian teman-teman akan masuk ke menu Recovery Mode. Hingga sampai tahapan ini untuk caranya terbilang sama persis dengan cara pertama yang diatas.
  • Pilih menu Troubleshoot > Advanced Option > Startup Settings > lalu pilih menu Restart.
  • Lalu dilanjutkan dengan memilih suatu tipe 'Safe Mode' yang akan teman-teman gunakan. Untuk lebih mudah memilih fitur 'Safe Mode' ini, maka teman-teman bisa langsung saja untuk menekan tombol F4.

3. Dengan fitur System Configuration

Sebuah cara untuk masuk ke fitur 'Safe Mode' pada sistem operasi Windows 10 yang ketiga ini adalah dari fitur System Configuration atau biasanya disebut juga dengan sebutan msconfig. Berikut ini merupakan langkah-langkahnya.
  • Tahapan pertama, buka menu Start, ketikkan System Configuration. Bisa juga dengan cara menekan tombol Windows + R dengan secara bersamaan. Selanjutnya ketikkan saja msconfig dan klik OK.
  • Kemudian nantinya akan muncul suatu jendela System Configuration. Pada menu Boot Option, silahkan centang menu 'Safe Boot' dan silahkan pilih beberapa optionsnya sesuai dengan kebutuhan teman-teman.
cara masuk ke safe mode windows 10

  • Setelah memilih menu 'Safe Boot' yang ingin teman-teman gunakan, selanjutnya klik OK atau Enter.
  • Kemudian akan muncul suatu jendela konfirmasi apakah akan melakukan restart suatu komputer atau laptop saat ini atau nanti.
  • Untuk mengembalikan ke menu booting yang seperti semula, maka teman-teman bisa menghilangkan suatu tanda centang pada menu 'Safe Boot'.

Hanya demikianlah untuk informasi mengenai tentang cara untuk memasuki ke fitur Safe Mode di Windows 10 versi admin. Silahkan teman-teman pilih salah satu cara dari ketiga cara yang tersedia diatas yang mungkin menurut teman-teman paling mudah untuk dilakukan. Semoga sebuah informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terutama yang sangat membutuhkan informasi mengenai ini dan terimakasih sudah berkunjung disitus blog sederhana ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel