10 Cara Jitu merawat Komputer agar tetap Bagus dengan Benar 2020

10 Cara merawat Komputer agar tetap Bagus dengan Benar
Cara Merawat Komputer Agar Tetap Sehat

JayaCompucell - Seperti yang kita ketahui secara bersama bahwasannya Komputer ini adalah salah satu sebuah perangkat elektronik yang mempunyai banyak sekali fungsi dan kelebihannya daripada perangkat yang lainnya. Bayangkan saja situasinya, apabila sebuah komputer yang teman-teman miliki secara tiba-tiba lambat, lelet, lemot, bermasalah ataupun error tentu pastinya akan membuat emosi sekali bukan! bukannya tanpa suatu perhatian, sebuah Komputer ini juga perlu dirawat dengan cara yang baik dan benar agar supaya tetap bagus dan sehat. Lalu bagaimana untuk caranya!

Penggunaan sebuah komputer untuk mengolah dan menyimpan data ini memang sangat dapat diandalkan. Apalagi untuk kapasitas dan ketahannya yang terbilang cenderung lebih baik daripada sebuah laptop ataupun notebook. Walaupun demikian jika teman-teman ingin sebuah perangkat komputer milik teman-teman bertahan lama dengan suatu kondisi fisik yang bagus, setidaknya teman-teman harus mengetahui tips dan trik untuk merawat suatu komponen dalam sebuah komputer baik dari segi Hardware ataupun Software.

Dengan secara lebih terperinci dan detail, mari kita simak secara bersama-sama tahapan-tahapan ampuh untuk membuat sebuah komputer teman-teman tetap baik dari waktu ke waktu dengan cara yang cukup sederhana. Untuk proses pemeliharaannya tentu pastinya akan mencangkup bagaimana cara teman-teman menggunakan atau mengoperasikan sebuah komputer! Lalu perhatikan suatu komponen yang lainnya misalnya seperti cara merawat sebuah komputer pc, keyboard, baterai dan lainnya. Yuk mari kita simak uraian selengkapnya dibawah ini, sebagai berikut:

Cara merawat Komputer agar tetap Bagus dengan Baik dan Benar


1. Menggunakan tegangan listrik yang stabil

Sebagai salah satu suatu perangkat elektronik, sebuah komputer tidak akan bisa menyala atau hidup tanpa adanya suatu arus listrik. Namun, yang perlu teman-teman ketahui adalah didalam sebuah komputer ini ada terdapat juga berbagai komponen yang terbilang saling berhubungan dengan sebuah data-data digital. Maka dari itu, hal ini akan sangat bergantung dengan suatu kestabilan arus tegangan listrik yang teman-teman gunakan.

Sebuah tegangan listrik yang terbilang stabil ini adalah salah satu cara merawat komputer teman-teman. Pada umumnya hal seperti ini dapat diatasi dengan memasang sebuah UPS ataupun Stabilizer. Sehingga pada saat ada daya listrik yang secara tiba-tiba turun atau rendah, sebuah komputer ini terbilang tidak akan merasakan suatu goncangan akibat adanya alat tersebut.

Selain itu, ternyata UPS ini juga dilansir dapat menyimpan suatu daya, apabila terjadi pemadaman listrik, maka teman-teman masih dapat mematikan sebuah komputer secara terlebih dahulu dengan menu shutdown. Pada umumnya untuk pematian suatu komputer dengan secara tiba-tiba ini dikarenakan pemadaman listrik juga berpengaruh terhadap kinerja sebuah komputer.

2. Maksimalkan kinerja pendinginan komputer

Diketahui semua jenis sebuah perangkat manapun didalamnya tentu pastinya ada terdapat Integrated Circuit atau IC yang menggunakan suatu pendinginan. Entah seperti apakah suatu sistem tersebut bekerja, tentu saja akan dibekali dengan suatu pendinginan yang telah tersistem termasuk sebuah komputer. Maka dari itu, teman-teman dapat menggunakan suatu pendinginan sebuah komputer tersebut sebagai salah satu cara untuk merawat sebuah komputer teman-teman semuanya.

Didalam sebuah CPU ini ada terdapat suatu sistem pendinginan inti yaitu yang berfungsi untuk pendinginan processor sebagai salah satu suatu komponen penting dalam sebuah komputer. Diketahuim didalamnya ada dua sebuah komponen lagi yang bernama material logam dan fan atau kipas. Teman-teman terbilang perlu menggunakan sebuah kipas pendinginan ini dengan secara baik agar supaya dapat bekerja dengan secara maksimal.

Selanjutnya, gunakan juga fan (pendinginan) yang tersedia pada casing untuk bisa mendinginkan sebuah ruang CPU yang didalamnya ada terdapat suatu komponen yang lainnya. Selain itu, tidak lupa juga bahwa hal ini diimbangi dengan sebuah power supply agar supaya power supply ke daya suatu motherboard tidak berkurang dengan sistem pendinginan.

3. Mematikan komputer dengan cara yang baik dan benar

Suatu hal-hal kecil ini seperti halnya tahapan ataupun langkah untuk mematikan sebuah komputer ini memang perlu diperhatikan. Walaupun hanya hal sederhana namun tetapi ternyata hal ini terbilang sangat berpengaruh terhadap kesehatan sebuah komputer. Hal tersebut bisa dibilang hal kecil namun tetapi dapat berdampak besar. Tidak sama seperti sebuah perangkat yang lainnya layaknya televisi atau radio yang tinggal menekan on/off, sebuah komputer ini terbilang lebih terstruktur.

Untuk mematikan sebuah komputer dengan cara yang terbilang sembarangan ini dapat berdampak buruk terhadap kinerja komputer teman-teman. Jangan pernah berpikiran dikarenakan teman-teman sedang terburu-buru dan langsung mematikan begitu saja dengan suatu cara yang instan atau sewajarnya hal itu tidak ada masalahnya. Ini merupakan suatu pemikiran yang terbilang sangat salah. Maka dari itu, sebaiknya teman-teman selalu mematikan sebuah perangkat komputer sesuai dengan prosedurnya.

4. Jauhkan komputer dari hal yang akan berdampak buruk

Sebuah perangkat komputer ini merupakan suatu alat yang terbilang cukup rentan terhadap hal-hal yang sifatnya negatif buat perangkatnya. Misalnya seperti ini, kita perlu memperhatikan apa saja yang tersedia dan kita lakukan disekitaran komputer. Ada beberapa hal yang dimaksud adalah sebagai berikut!

  • Tempatkan sebuah komputer di area yang terbilang tidak terkena suatu paparan matahari secara langsung, tidak terlalu banyak debu yang masuk dan tidak terlalu lembab. Lebih baik lagi gunakanlah sebuah ruangan AC.
  • Apabila teman-teman masih menggunakan sebuah monitor tabung, maka perlu diperhatikan untuk tidak memposisikan sebuah speaker di dekat monitor karena hal ini tentu saja akan dapat menimbulkan suatu kerusakan pada sebuah monitor itu sendiri.
  • Jangan menempatkan suatu cairan apapun di dekat sebuah komputer. Misalnya seperti halnya sebuah minuman dingin diatas perangkat sebuah komputer atau disekitarannya. Karena bisa saja kita dengan secara tidak sengaja menjatuhkannya sehingga dapat membahasahi sebuah komputer. Jika demikian, resikonya bisa fatal.
  • Rapikan bagian suatu kabel-kabel yang berada disekitaran atau diluar sebuah komputer yang berserak berantakan. Karena bisa saja dimakan sebuah tikus atau tersandung sehingga akan berakibat cukup sangat buruk.


5. Bersihkan Hardware dengan secara teratur

Agar supaya sebuah komputer dapat bertahan lama, maka teman-teman butuh dengan secara teratur untuk membersihkannya. Walaupun telah diletakkan ditempat yang lebih jauh dari debu, tetapi untuk membersihkannya agar supaya tetap terjaga bersih dan rapi tidak ada salahnya bukan! teman-teman dapat membersihkan dalam kurun waktu sekitaran dua bulan atau beberapa bulan sekali.

Apakah teman-teman mengetahui! jika sebuah komputer terbilang tidak pernah dibersihkan pada bagian hardwarenya, maka bisa jadi akan ada suatu debuh ataupun kotoran yang terbilang menempel dalam jangka waktu yang terbilang cukup lama. Hal tersebut tentu pastinya akan berpengaruh terhadap suatu kinerja sebuah komputer menurun, menghambat sirkulasi komputer sehingga cepat panas.

6. Menggunakan program software yang original

Terbilang tidak jarang juga sebuah komputer ini tidak bertahan lama ataupun error bukan hanya faktor luar saja. Melainkan dapat juga faktor dari dalam atau perangkat program aplikasi atau software. Untuk menghindarin hal tersebut terjadi sebaiknya usahakan untuk selalu menggunakan sebuah perangkat lunak atau software yang original.

Setidaknya atau minimal teman-teman menggunakan sebuah perangkat yang sifatnya original pada sistem windows ataupun yang lainnya. Tentu pastinya akan lebih baik lagi jika teman-teman hanya menggunakan sebuah perangkat atau program yang telah terpasang di sebuah komputer teman-teman saja. Perlu sekali untuk berhati-hati terhadap suatu pemasangan sebuah perangkat atau program aplikasi software yang beresiko suatu virus atau yang lain sebagainya.

7. Melindungi sistem dengan Antivirus yang Update

Suatu virus terhadap sebuah komputer ini memang cukup meresahkan bukan! Bahkan sifatnya terbilang sangat serius, tentu pastinya bisa saja dapat menyebabkan suatu data yang hilang atau bahkan parahnya lagi hal ini bisa membuat suatu komputer akan mati secara total. Tentu pastinya teman-teman semuanya terbilang tidak ingin hal tersebut terjadi bukan! Maka dari itu, salah satu cara yang terbilang praktis nya adalah memasang sebuah program aplikasi antivirus di sebuah perangkat komputer teman-teman.

Program Antivirus seperti apa yang terbilang baik untuk sebuah komputer kita! Tentu pastinya, sebuah komputer yang sifatnya universal atau bisa menangkal atau mencegah semua macam jenis suatu virus yang ada. Agar supaya bekerja dengan lebih maksimal, update lah program antivirus pada sebuah database baru teman-teman.

8. Maintenance dan Management program Aplikasi

Sebuah proses maintenance dalam arti ini merupakan sebuah memangement suatu file ataupun program software di dalam sebuah komputer teman-teman. Diketahui ada beberapa suatu perawatan yang bisa teman-teman lakukan adalah sebagai berikut!

  • Apabila diperlukan lakukanlah suatu Fregmentasi (Disk Defrag)
  • Meminimalisir program aplikasi atau software yang terbilang tidak penting ataupun yang tidak digunakan
  • Lakukan suatu pembersihan sebuah file sampah yang tersedia di perangkat komputer


9. Mematikan komputer ketika hujan

Apakah teman-teman mengetahui sebuah cuaca yang terbilang tidak bersahabat dapat berpengaruh ketika sebuah komputer teman-teman menyala atau hidup. Apabila disekitaran teman-teman sekarang sedang terjadi hujan maka sebaiknya teman-teman matikan saja sebuah komputer dengan terlebih dahulu. Apalagi ketika cuacanya terbilang sangat buruk misalnya seperti petir dan guntur. Hal ini juga menghindarin akibat sebuah komputer tersambat dengan petir apalagi sebuah komputer terhubung dengan suatu modem atau wireless.

10. Mengaktifkan sistem restore komputer

Agar supaya sebuah komputer tetap terjaga untuk keamanannya, maka teman-teman semuanya perlu mengaktifkan suatu fungsi restore pada sebuah komputer. Bagaimana untuk caranya! Pertama silahkan klik kanan pada menu desktop computer. Selanjutnya pilih pada bagian menu properties tab sistem restore. Pada halaman berikutnya akan muncul suatu opsi "Turn Off Sistem Restore On All Drives". Pada suatu kolom tersebut teman-teman tinggal menghilangkan sebuah centang di samping tulisan.

Itulah tutorial atau panduan singkat yang dapat diberitahukan kepada teman-teman semuanya mengenai tentang bagaimana menjaga sebuah komputer agar tetap terawat sama seperti waktu pertama kali pembelian atau pemakaian. Silahkan dengan segera untuk mempraktekkan suatu metode yang sederhana ini, tentu pastinya tidak sulit bukan! teman-teman semuanya dapat mempraktekkannya juga pada mode perawatan untuk sebuah laptop, notebook, iPad, Android dan Smartphone.

Yang terpenting ialah teman-teman terbilang perlu untuk memberlakukan suatu perawatan ini dengan secara berkala dan rutin. Paling tidak lakukan dengan secara teratur dan pemakaian yang sewajarnya. Hindari beberapa suatu hal yang dapat membuat suatu kinerja komputer menurun seperti yang telah kita bahas. Hanya sekian informasi mengenai perihal ini yang dapat diberitahukan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semuanya, selamat mencoba dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel